Selasa, 01 November 2016

Berbagai Makanan Khas Indonesia

  1. Nasi Goreng
Nasi Goreng
Untuk jenis makanan khas Indonesia yang pertama adalah makanan yang biasa di sebut dengan nama nasi goreng. Biasanya makanan khas indonesia yang satu ini di fungsikan sebagai penyelamat saat sedang berada di tempat kost dan pada saat itu juga uang yang ada di saku sedang kering. Tentu menjadi sebuah makanan yang sangat di nantikan untuk mengisi perut kosong anda.
Akan tetapi saat ini banyak sekali rumah makan besar dan restoran yang menyajikan makanan khas indonesia ini sebagai menu utama mereka. Nasi goreng merupakan makanan khas indonesia yang berbahan dasar nasi putih kemudian di campur dengan bumbu rempah-rempah yang mempunyai rasa khas Indonesia. Tentu saja makanan khas indonesia yang satu ini sangat di sukai, pasalnya cita rasa rempah khas yang di dapat di nasi goreng sangat enak.
  1. Gado-Gado
Gado-Gado
Biasanya di Indonesia makanan yang satu ini adalah makanan kombinasi antara potongan kentang, wortel, selada, bayam, tomat, taoge dan jagung. Saat orang luar negeri berkunjung ke Indonesia, biasanya mereka menyebut gado-gado ini sebagai Salad Jawa atau Javanese Salad. Salad jawa yang satu ini untuk tingkat kepedasannya bisa anda sesuaikan sesuai dengan selera pedas anda.
Untuk menambah variasi, biasanya makanan khas Indonesia yang satu ini di tambahkan di dalamnya tahu, tempe atau kelontong. Ada berbagai macam variasi untuk siraman di atas gado-gado, ada yang di beri bumbu mayonaise dan juga bumbu kacang di tambah lagi dengan kerupuk sebagai toppingnya. Yang sangat membuat kangen makanan yang satu ini adalah sensasi kriuk dari krupuk yang bercampur dengan bumbu kacang lezat, sunguh menggugah selera makan.

3. Opor ayam
Hasil gambar adalah maskan ayam berkuah santan yang sangat terkenal diseluruh Indonesia, Terutama didaerah Jawa tengah dan juga Jawa Barat. Masakan yang satu ini terbuat dari bahan utama daging ayan yang dimasak dengan aneka rempah-remapah, dan santan kenatal yang dihasilakn dari buah kelaapa.

4. Rawon
Hasil gambar untuk rawon adalahRawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang mengandung kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).

5.Gudeg
Hasil gambar







Gudeg (ejaan bahasa Jawa: ꦒꦸꦝꦼꦒ꧀​, gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan.

6.Gorengan
Hasil gambar untuk gorengan adalahUntuk makanan khas Indonesia yang berikutnya adalah gorengan, makanan yang satu ini merupakan makanan yang sangat cocok di jadikan sebagai makanan pendamping saat sedang melakukan obrolan santai. Biasanya gorengan hadir sebagai teman minum kopi atau teh dan saat ini banyak kios atau orang yang menjual gorengan untuk menuntaskan keinginan pencinta kuliner yang menginginkan gorengan yang merupakan makanan khas indonsia.

Ada banyak contoh makanan khas Indonesia yang satu ini, misalkan saja pisang goreng, weci, bakwan, cireng dan tentunya masih banyak lagi jenis makanan khas Indonesia gorengan ini yang bisa anda pilih sesuai dengan selera. Mulai dari rasa yang manis, asin hingga pedas bisa anda dapatkan pada makanan khas indonesia yang satu ini tergantung anda menginginkan rasa yang mana. Salah satu makanan yang di setiap daerah di berbagai belahan indonesia hampir ada.
7.Rendang
Hasil gambar untuk rendang adalahRendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa.



8.Pempek
Pempek
Makanan khas Indonesia berikutnya adalah makanan yang di namakan Pempek dan makanan ini merupakan makanan andalah dari Palembang. Mempunyai popularitas yang baik di Indonesia, tentunya tidak ada salahnya apabila anda mencicipi makanan ini. Rasanya kurang pas apabila anda seorang pencinta kuliner akan tetapi belum pernah merasakan lezatnya masakan yang berasal dari salah satu wilayah yang ada di Indonesia ini.
Berbahan dasar ikan dan di olah dengan tepung akan membuat Pempek mempunyai bentuk yang cukup menarik. Biasanya pempek ini di padukan dengan kuah encer perpaduan antara gula dan saus cuka, kemudian segera konsumsi pempek anda selagi masih hangat. Rasa yang sangat gurih yang di dapat dari ikan yang telah di olah tersebut membuat banyak orang rela untuk mengeluarkan uangnya demi dapat melahap makanan khas indonesia ini.
9. Bakso
Bakso
Makanan Khas Indonesia berikutnya adalah Bakso. Pastinya anda sudah tahu bukan penampakan dari makanan khas Indonesia yang di namakan bakso ini seperti apa? Bakso merupakan makanan yng terbuat dari daging di bentuk seperti bola-bola kemudian di makanan bersama kuah sedapnya. Saat ini bakso merupakan salah satu makanan khas indonesia yang sangat populer dan hampir di setiap wilayah di indonesia ada dengan ciri khas masing-masing.
Biasanya bakso sangat cocok di konsumsi bersama dengan kombinasi makanan lainnya seperti misalkan saja pangsit, bihun, gorengan dan berbagai sayuran yang tentunya akan menjadi makanan sehat yang siap untuk di konsumsi. Untuk bakso yang terkenal di Indonesia adalah Bakso malang yang hingga saat ini masih merajai untuk jenis makanan daging yang di bulatkan ini. Ada berbagai macam modifikasi yang di lakukan terhadap makanan khas indonesia yang satu ini
10.SotoSoto
Untuk jenis makanan khas Indonesia yang terakhir ini adalah makanan yang sangat mudah di jumpai apabila anda sedang berkunjung di Indonesia. Soto merupakan makanan khas Indonesia yang di sajikan dengan kuan dan di dalamnya terdapat daging dan beberapa bahan lainnya. Beberapa tahun belakangan ini makanan khas indonesia yang satu ini di jadikan makanan untuk di sajikan pada tamu dalam sebuah acara pesta perkawinan.
11. Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin adalah masakan yang populer di masyarakat Jambi.Gulai ini dimasak dengan menggunakan tempoyak yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Tetapi ada sebagian orang yang memilih untuk mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa tempoyak yang cukup menyengat. Selain tempoyak bumbu lain yang digunakan dalam pembuatan Gulai Ikan Patin ini adalah cabe merah, lengkuas, serai, kunyit, bawang merah dan bawang putih

12. Otak otak
Otak-otak adalah salah satu makanan khas di Kepulauan Riau, baik di Batam, Tanjung Pinang, maupun di Pulau Penyengat. Pokoknya dimanapun kita makan, penganan ini tidak pernah ketinggalan. Di sini terdapat dua jenis otak-otak yaitu otak-otak yang terbuat dari ikan dan dari cumi yang lebih pedas. Otak-otak ini dibungkus dengan daun kelapa yang berwarna hijau sekalian dengan lidinya, yang kemudian dibakar dengan bara api.


13. Kerak Telor
Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar